JUDUL = REFLEKSI TENTANG PENGGUNAAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI
TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN AKUNTANSI
A.
Latar Belakang
Disiplin
akuntansi membutuhkan praktik terbaik dalam pengajaran dan pembelajaran dalam
berbagai konteks pendidikan dan dalam berbagai proses dan kegiatan
professional. Perspektif dan pendekatan metodologis yang lebih baik seperti
konstruktivisme sosial dan pendidikan dan pragmatism filosofis dan
epistemologis akuntansi yang kemudian dapat diimplementasikan dengan guru
akuntansi untuk menjadi guru yang lebih baik dan membuat pengajaran yang
signifikan dengan menggunakan bentuk pendidikan non-tradisional lainnya.
Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat
memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari
mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Dalam dunia pendidikan perkembangan
teknologi informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif karena dengan
berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan
perubahan yang cukup signifikan. Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah
dibandingkan dengan cara yang berkembang sebelumnya. Saat sekarang ini jarak
dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendapatkan ilmu,
berbagai aplikasi tercipta untuk memfasilitasinya.
Mengetahui dan mempraktikkan
berbagai bentuk, metode dan teknik membantu akuntansi guru dan siswa mereka
untuk memiliki proses belajar mengajar yang bermakna dan lancer. Dengan tujuan agar
guru dapat menjadi lebih inovatif dalam mengajar akuntansi melalui sumber daya
teknologi.
B.
Tujuan
Untuk menyelidiki bagaimana guru dapat menjadi lebih inovatif dalam
mengajar akuntansi melalui sumber daya teknologi menggunakan metode pengajaran
dengan objek virtual yang diusulkan melalui mediator virtual formulasi
akuntansi untuk memberikan pengajaran yang lebih baik bagi siswa dan alat
konseptual dan praktis untuk menafsirkan dan menganalisis aspek akuntansi dan
keuangan perusahaan.
C.
Teori yang Digunakan
a)
Bagaimana cara mengajar formulasi akuntansi
melalui mediator pedagogis dengan objek pembelajaran virtual dan analisis
akuntansi ?
b)
Bagaimana cara siswa memahami aspek keuangan,
politik dan ekonomi ?
c)
Bagaimana kemudian cara untuk memahami dan
mempraktikkan berbagai bentuk, metode dan teknik agar guru dan siswa dapat
merasakan proses belajar mengajar dengan lancar ?
D.
Metodologi Penelitian
Menerapkan VLO dalam akuntansi mulai dari aplikasi computer sendiri
proses akuntansi dan teknik untuk grafik dan variable keuangan untuk mengambil
keputusan serta tanggung jawab keuangan, hukum dan akuntansi. Meskipun hubungan
antara pendidikan akuntansi dengan objek pembelajaran virtual masih perlu
didefinisi ulang karena hal ini merupakan bidang baru dalam hal methodology dan
penelitian.
E.
Hasil & Komentar
a)
Hasil
Model yang diusulkan adalah
strategi yang sudah tepat, dengan teknik yang tepat dimana siswa dapat
menggunakan alat tersebut untuk belajar. Ini memungkinkan untuk
mengkonsektualisasikan kasus-kasus analisis : penyempurnaan penggunaan memori
dalam penerapan strategi berbagai pengetahuan dimana ia lebih mandiri dalam
menggunakan strategi partisipasi aktif yang dapat menguji kreativitas dan juga
dapat meningkatkan kerja kolaborasi di kelas dan diskusi masalah nyata dengan
menggunakan teknologi tersebut. Diharapkan dengan keakuratan perhitungan
matematis memungkinkan untuk focus pada beberapa persamaan matematika finansial
ke proses yang paling efektif dalam proyeksi scenario pengajaran dan
pembelajaran untuk belajar lebih banyak dan lebih memahami dan memvisualisasikan
secara efektif.
b)
Komentar
Kadang-kadang siswa tidak tertarik pada
proses pembelajaran karena mereka menganggapnya monoton dan membosankan, tidak
memotifasi untuk belajar, pasif, tidak ada strategi yang sesuai dan lain-lain.
Meskipun hal ini biasa terjadi, namun tidak menutup kemungkinan jika kita
menggunakan model yang tepat dalam pelaksanaan pembelajaran, maka siswa akan
mengubah perspektif mereka mengenai pembelajaran yang membosankan menjadi
menyenangkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar